Definisi Link Aggregation atau Port Channel


DEFINISI

Link Aggregation(Port Channel) atau disebut juga Eth-Trunk  merupakan metode penggabungan link fisik menjadi satu link secara logical, hal ini bertujuan untuk meningkatkan bandwith, membuat redundansi dan juga meningkatkan keandalan(ketahanan).


SEBAB & TUJUAN
Ketika skala jaringan berkembang, pastinya diharuskan meningkatkan bandwith dan keandalan. Awalnya, untuk meningkatkan bandwidth, pengguna menggunakan perangkat berkecepatan tinggi untuk menggantikan perangkat lama. Solusi ini, bagaimanapun, mahal dan tidak fleksibel.
Link Aggregation akan meningkatkan bandwidth dengan mengelompokkan sekelompok Interface fisik ke interface logis tunggal, tanpa perlu memperbarui perangkat keras. Selain itu, link aggregation menyediakan mekanisme redundansi link, yang secara langsung meningkatkan keandalan link.

Link Aggregation memiliki keuntungan berikut :
1.       Peningkatan bandwidth
Bandwidth dari Interface Link Aggregation adalah jumlah bandwidth dari interface anggota.yg ditambahkan
2.       Keandalan yang lebih tinggi
Ketika link yang aktif gagal, lalu lintas pada link yg gagal ini dialihkan ke link aktif lainnya, yang berarti akan meningkatkan keandalan lalu lintas di interface tersebut
3.       Penyeimbang beban
Dalam grup Link Aggregation (LAG), lalu lintas dimuat secara seimbang diantara link interface aktif anggota.



KONSEP


               Konsep Link Aggregation dijelaskan sebagai berikut :

1.      Pembentukan Link Aggregation
          Link Aggregation terbentuk dari gabungan Inteface  yang  mebentuk satu link logis. Dan jumlah maksimal interface yang dapat di aggregation tergantung masing-masing device disetiap Vendor
2.      Ketentuan ketika Interface Aktif & Tidak Aktif di Link Aggregation
              Ada dua jenis interface dalam LAG: Interface aktif yang meneruskan data dan interface tidak aktif yang tidak meneruskan data. Umumnya, semua link adalah link aktif. 
Jika satu link aktif gagal, lalu lintas dimuat secara seimbang di antara tautan aktif yang tersisa.Tapi berbeda bila dalam Mode LACP, dimana Link yg gagal akan digantikan dengan link baru, sehingga bandwith tetap maksimal

3.      Perbedaan Interface Link Aggregation dengan interface Link biasa
          Interface  Link Aggregation  atau  Eth-Trunk dapat digunakan sebagai Interface Ethernet pada umum nya. Perbadaannya hanya, Eth-Trunk menggunakan  satu atau lebih interface anggota untuk meneruskan data.

Ambang batas atas untuk jumlah interface yang aktif
                  Ketika jumlah interface yang aktif mencapai batas yang telah ditentukan, link anggota tambahan akan disetel ke Down. Ini menjamin keandalan jaringan yang lebih tinggi dengan memungkinkan link tersebut bertindak sebagai cadangan.



MODE LINK AGGERGATION

              Ada dua mode penggabungan tautan yaitu LAG manual dan Link Aggregation Control Protocol (LACP).

Item
Mode manual
Mode LACP
Definisi
Anda harus secara manual membuat Eth-Trunk dan menambahkan interface anggota ke Eth-Trunk. Mode ini tidak memerlukan perangkat untuk mendukung LACP.
Eth-Trunk dibuat menggunakan LACP.  LACP menyediakan mekanisme negosiasi standar untuk perangkat switching sehingga perangkat switching dapat dikonfigurasi untuk membentuk dan memulai link aggregation secara otomatis. Setelah link aggregation terbentuk, LACP bertanggung jawab untuk mempertahankan link. Jika kondisi link aggregation atau ketentuan berubah, LACP dapat menyesuaikan atau menghapus Link aggregation.
Penerusan data
Umumnya, semua link adalah link aktif. Jika satu link aktif gagal, lalu lintas dimuat secara seimbang di antara link aktif yang tersisa.
Umumnya, hanya beberapa link yang aktif. Jika tautan yang aktif gagal, sistem akan memilih link di antara link yang tidak aktif untuk menggantikannya. Ini memastikan bahwa jumlah total link yang melakukan penerusan data tetap tidak berubah.
Link aggregation Inter-Device
Tidak
Ya
Deteksi kesalahan
Mode ini hanya dapat mendeteksi pemutusan link anggota
Mode ini dapat mendeteksi pemutusan link anggota dan kesalahan lainnya seperti kesalahan link layer dan link koneksi yang salah



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Link Aggregation atau Port Channel"

Posting Komentar