Definisi Fungsi Jenis dan Cara Kerja NAT (Network Address Translation)


A.       DEFINISI NAT 
NAT (Network Address Translation) adalah adalah sebuah proses pemetaan alamat IP dimana perangkat jaringan komputer akan memberikan alamat IP public ke perangkat jaringan local sehingga banyak IP private yang dapat mengakses IP public.


B.      TUJUAN
NAT  memungkinkan pengguna dijaringan Private dapat mengakses jaringan Publik,  NAT menerjemahkan alamat IP pribadi host ke alamat IP publik. Jadi beberapa penghuni di jaringan pribadi dapat berbagi satu alamat IP publik. 

C.     MANFAAT
NAT memungkinkan alamat digunakan kembali untuk memenuhi permintaan untuk alamat IP, sehingga mengurangi kekurangan alamat IPv4. Selain memecahkan masalah kekurangan alamat IP, NAT memberikan keuntungan sebagai berikut:
1.       Melindungi jaringan pribadi dari serangan eksternal, sangat meningkatkan keamanan jaringan.
2.       Fungsi ini mengontrol tidak hanya akses ke jaringan eksternal dari host internal, tetapi juga akses ke jaringan internal dari pengguna eksternal.

D.     TIPE-TIPE NAT
1.       NAT Basic atau  Static NAT
NAT Basic mengimplementasikan terjemahan alamat IP satu-ke-satu. Dalam mode ini, hanya alamat IP yang diterjemahkan, sedangkan nomor port TCP / UDP tetap tidak berubah, NAT Basic tidak dapat menerjemahkan beberapa alamat IP pribadi  ke alamat IP publik yang sama.

2.       Dynamic NAT
Dynamic NAT di sediakan pool ip public yang direserved untuk di gunakan oleh client. Dynamic NAT menterjemahkan setiap komputer dengan IP tak terdaftar kepada   salah   satu   IP   address  Public  terdaftar   untuk   connect   ke   internet.

a.       NAPT(Network Address dan Port Translation)/ Port Address Translation
NAPT memungkinkan beberapa alamat IP pribadi  dipetakan ke alamat IP publik yang sama. Ini juga disebut terjemahan alamat banyak-ke-satu. NAPT menerjemahkan alamat IP dan nomor port paket sehingga beberapa pengguna di jaringan pribadi dapat menggunakan alamat IP publik yang sama untuk mengakses jaringan publik.
b.      Pooled  NAT
Pooled NAT digunakan bagi situasi di mana  jumlah  pengguna  adalah  sama dengan jumlah  public IP  address  yang  diperuntukkan. Namun  mapping  dari  pada pengguna   kepada   public   IP   address   dilakukan   secara  acak  yaitu   ONE   to   ONE RANDOM.

E.      CARA KERJA

Pada jaringan komputer, proses Network Address Translation (NAT) adalah proses penulisan ulang (masquerade) pada alamat IP asal (source) ke alamat IP tujuan (destination),setelah melalui router atau firewall. Dapat pula diartikan sebagai pembungkusan beberapa alamat ip private  agar dikenal  sebagai  sebuah  IP public.  NAT digunakan pada jaringandengan   workstation   yang   menggunakan  IP  Private supaya   dapat   terkoneksi   ke  Internetdengan menggunakan satu IP Public.


Keterangan :


Jika komputer dengan ip 10.1.1.1 ingin terkoneksi dengan internet, dia harus melewati NAT Border Route dan mengunakan ip yang telah dialokasikan oleh providernya yaitu 192.168.2.2begitu juga dengan komputer dengan ip 10.1.1.2



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Definisi Fungsi Jenis dan Cara Kerja NAT (Network Address Translation)"